Tips & Trick Berburu di Big Bad Wolf Jakarta

Hy everyone... 😃

Setelah dua bulan aku tidak aktif di blog, akhirnya sebelum Maret 2019 berakhir aku ingin post tentang "sharing" pengalamanku 😏

Big Bad Wolf

Pintu Masuk Big Bad Wolf

Jadi aku ingin berbagi tips dan trick untuk berburu buku di Big Bad Wolf Jakarta. Buat kalian yang belum tahu dan belum pernah denger apa itu Big Bad Wolf, aku mau cerita dikit nih.
Big Bad Wolf itu bazaar buku terbesar di dunia, ada sekitar 5 juta buku yang dijual dan diadakan di wilayah Asia Tenggara, paling sering itu di Malaysia, karena emang perusahaannya ini asalnya dari Malaysia. Buku yang dijual kebanyakan buku import!! dengan harga kisaran 30rb sampai 800rb tergantung jenis bukunya dan paket box set atau enggak. Rata-rata novel sih 70rb, rata-rata buku non-fiction itu 90rban.

Aku udah denger Big Bad Wolf itu dari tahun 2016, tapi gak tahu persis informasi dari tahun berapa bazaar ini mulai diadakan di Jakarta. Sekarang udah gak cuma di Jakarta aja kok, tapi ada di Surabaya dan Medan, jadi gilirannya tuh pertama di Jakarta, terus di Surabaya, dan Medan. Antusiasme orang-orang akan bazaar buku ini tuh gedheeeee bangeeeeet!!!!! hampir gak pernah sepi dalam waktu 24 jam buka. Gila kan....!!!! 😱😴

Jadi tahun ini, di periode 1 Maret 2019 sampai 11 Maret 2019 aku datang langsung tuh ke bazaarnya di ICE BSD Serpong, Tangerang Selatan. Karena aku dapet voucher Preview Pass dari Bank BCA. Tiap tahun tuh biasanya ada Bank sponsornya, jadi kadang beda-beda tiap tahun gak selalu sama sponsor Banknya, dan asiknya tiap Bank yang jadi sponsor suka kasih diskon, voucher, cashback.


Tiket Preview Pass

Preview Pass itu adalah semacam tiket buat kalian khusus untuk bisa dateng ke bazaar H-1 alias bukan di saat hari pembukaan untuk umum, jadi masih fresh dan masih banyak buku-bukunya, dan gak serame pas hari biasa (umum)!!

Mulai aja ya tips dan tricknya, ini sesuai pengalamanku saat kemaren ke sana bolak-balik sebanyak 4 kali.

Berikut adalah tips dan trick berburu di Big Bad Wolf Jakarta:

  • Daftar Jadi Member
Ini Menurutku wajib banget deh, karena ada keuntungannya gitu. Pertama kalian bisa daftar untuk dapet preview pass dan nanti ada buku-buku dengan harga khusus member lho. Kalian tinggal daftar keanggotaan aja di web nya  https://www.bigbadwolfbooks.com/id/
  • Pantengin Sosial Media Big Bad Wolf
Biasanya kita suka bingung kan, ada buku apa aja di sana? pengen liat katalog? mau liat-liat dulu deh masih belum tahu mau beli apa, nah selain info ada buku apa aja, di medsos Official Big Bad Wolf (terutama instagram) kalian bisa liat update mereka di lokasi, misal lagi serame apa sih? ada artis atau selebgram siapa aja yang udah dateng? Jadi kalian bisa ngira-ngira hari-hari ramenya, jam-jam ramenya, ada masalah enggak di sana. Ini instagramnya: https://www.instagram.com/bbwbooks_id/?hl=id
  • Datang Pagi Hari Atau Subuh
Big Bad Wolf kan buka 24 Jam, nah kalian bisa datang sepagi mungkin kalau males datang tengah malem, selama pengamatanku kalo pagi tuh masih dikit orangnya gak terlalu rame, dan mulai rame tuh siang-sore gitu, padet banget! Aku kemaren datang sih minimal sekitar jam 7-9 pagi udah ada di lokasi. Karena yakin deh kalian bisa nyari ngubek-ngubek buku seharian, aku tiap sekali belanja bisa 5-6 jam muter-muter saking banyaknya buku yang ada di sana.
  • Makan dan Minum yang Banyak
Sebelum kalian berangkat usahain makan dan minum yang banyak supaya kalian gak dehidrasi dan kelaparan. Di Big Bad Wolf ada Food Court sih tapi harganya lumayan mahal-mahal dan kalo kalian pengen fokus nyari buku sih aku saranin dalam keadaan perut kenyang ya...
  • Perhatiin Kode Buku
Kalian kalo iseng liat-liat instagram dan nemu buku incaran di Big Bad Wolf jangan lupa liat kode bukunya!!! penting!!! karena buku di sana dikategoriin gitu dan ada banyak banget meja biar kalian gak lama nyari dan langsung nemu lokasi meja wajib banget apalin kode buku.

Kayak ini nih contohnya:
(Perhatikan yang aku lingkarin)
Di buku ada tulisan kode C BB, nah itu buku kategorinya Chirldren, Board Book, jadi silakan kalian cari buku di area Children di meja Board Book.

Kode buku adalah NF BIO, itu artinya kategori buku adalah Non Fiction Biografi, langsung cari di area Non Fiction di meja kategori Biografi.

Kode buku NF REGN, buku ada di kategori Non Fiction di meja Religion, kalian bisa cari di sana.


Selalu inget ya, kalian bisa cari referensi buku apa aja yang ada di sana di instagram officialnya Big Bad Wolf dan inget-inget perhatiin KODE BUKUnya biar cepet nyarinya, karena petugas di sana kadang juga gak tahu lokasi buku-bukunya.
  • Perhatikan Map
Jadi Big Bad Wolf itu selalu pasang gambar Map di depan dan di instagramnya biar kita tahu lokasi buku per kategori misal Fiction, Non Fiction, Children, Literature, Self Help, dll. Tiap kategori dibedain warna papan kategorinya, misal Children warna merah, Fiction kuning, Non Fiction biru. Nah apalin tuh warna-warnanya biar gak kesasar.
Map Big Bad Wolf, sumber: Instagram Official Big Bad Wolf Id
  • Ada Jasa Pengiriman
Kalian kalau males bawa banyak buku, males bawa berat-berat, kalian bisa manfaatin jasa pengiriman yang kerja sama dengan Big Bad Wolf, kalau kemarin sih TIKI yang jadi sponsornya. Lumayan mereka kasih diskon kok.
  • Perhatikan Budget
Penting nih, takut kalian kalap asal masukin buku di keranjang, karena saking murah-murah dan bagus-bagus bukunya. Kalian sesuaikan dengan uang kalian, karena menurut pengalamanku aku awalnya gak niat beli buku sampai puluhan dan habis jutaan, eh pas di sana kalap dan habis duit lumayan banyak, ya kalo diitung-itung sih masih jauh murah banget daripada di toko buku kan ini buku import.
  • Pakai Baju yang Nyaman dan Tertutup
Jadi bukan tertutup itu yang pake hijab atau apa, karena di sana ACnya dingin banget!!!! kalo gampang kedinginan mending bawa jaket atau pake baju tertutup, intinya pake baju yang nyaman deh, jangan pake baju kayak mau ke pesta!!

Sekian tips dan tricknya, semoga tahun depan aku bisa ngeborong buku lagi di sana 😆😁
Ini ada sedikit preview buku-buku di sana:







Ini adalah buku yang aku beli:
Ada sekitar 23an buku (gak semua kefoto) dan cuma bayar 1,7 juta

oiya kalo ditanya:

  • MURAH GAK BUKUNYA? KE SANA ATAU BELI ONLINE AJA? SAMA TOKO BUKU MURAH MANA?
guysssss............. ini Big Bad Wolf tuh diskonnya gila!!!!! pokoknya jauuuuh murah banget daripada di toko buku, aku inget beli buku non fiction harga Rp 90.000 dan di amazon buku yang aku beli dengan cover dan edisi yang sama persis itu harganya $22 dan ebooknya aja $9 nah kebayang murahnya gak????

  • ADA BUKU BAHASA INDONESIA GAK?
Adaaaaa..... tapi penerbit yang kerjasama tuh Mizan, gak ada Gramedia ya..


Sekian sharing kali ini, semoga bermanfaat 💓
-wulanhand

Comments

Popular posts from this blog

Review Patyka Skin Care

Vitalis Fragranced Deodorant

Cara Ngopi Irit di Starbucks