Mencoba Naik Skytrain dan Railink dari Bandara Soekarno Hatta ke Jakarta (Sudirman Baru)

Hy everyone...😃

Welcome to my blog 😊
Kali ini aku akan berbagi pengalaman naik Skytrain (Kereta Melayang) antar terminal di Bandara Soekarno Hatta dan melanjutkan perjalanan naik Railink dari Bandara Soekarno Hatta ke Jakarta (Sudirman Baru). 🚆🚉

Jadi waktu itu tanggal 3 Februari 2018 aku dari Banjarmasin ke Jakarta naik pesawat, setelah sampai aku memutuskan untuk mencoba alternatif transportasi baru yaitu Railink untuk ke Jakarta.
Aku tiba di Bandara Soekarno Hatta tepatnya di terminal 1A. Kereta Railink berada di stasiun bandara dan untuk sampai di stasiun bandara harus ke stasiun terminal 1 yang berada tepat di seberang terminal 1B.

Aku sudah sampai di stasiun terminal 1. Suasana masih sepi karena pagi hari dan masih belum banyak yang memakai fasilitas kereta antar terminal.
Aku langsung naik Skytrain menuju stasiun bandara. Ada 2 jalur Skytrain yaitu di sebelah kanan dan kiri, sebenernya mau naik yang sebelah kanan atau kiri sama saja karena Skytrain ini muter dari terminal 1 ke terminal 2 ke terminal 3 dan ke stasiun bandara. Tidak ada pembelian tiket untuk naik Skytrain karena ini adalah fasilitas GRATIS.

Ruang tunggu Skytrain Terminal 1

Ruang tunggu Skytrain Terminal 1

Suasana di dalam Skytrain

Suasana di dalam Skytrain

Suasana di dalam Skytrain

Aku turun di stasiun bandara, kemudian menuju ke tempat pembelian tiket Railink. Di setiap stasiun sudah ada petugas yang berjaga dan siap membantu apabila kita membutuhkan. Sebenernya untuk pembelian tiket dapat dilakukan online di Railink Online Web atau aplikasi Railink di Google Play store. 
Atau bisa juga langsung beli di stasiun bandara menggunakan mesin pembelian tiket, pembayaran tiket menggunakan NON CASH (Kartu Debit/Kredit, Voucher) jadi di mesin pembelian sudah ada mesin gesek kartu dan kita harus input nomor handphone saat pembelian. Harga tiket promo awal yaitu Rp 30.000,00 kemudian sekarang menjadi Rp 70.000,00, katanya harga Rp 70.000,00 tersebut juga masih termasuk promo karena untuk menutupi biaya maka Railink harus memberikan harga jual normal Rp 100.000,00.

https://reservation.railink.co.id/home

https://www.goodnewsfromindonesia.id/wp-content/uploads/images/source/wahyu_aji/WhatsApp-Image-2017-11-22-at-07.47.44.jpeg


Untuk saat ini tujuan akhir Railink hanya sampai Stasiun Sudirman Baru, karena untuk Stasiun Manggarai masih belum siap.



Tiket Railink

Setelah membeli tiket dan memilih jam keberangkatan maka kita bisa menunggu di ruang tunggu, ruang tunggunya sangat nyaman, ada beberapa toko makanan dan mini market. Sekitar 15-30 menit sebelum kereta Railink berangkat maka penumpang dipersilakan untuk masuk peron. 

Ruang tunggu stasiun bandara

Ruang tunggu stasiun bandara

Ruang tunggu stasiun bandara

Ruang tunggu stasiun bandara

Untuk masuk peron maka kita harus scan bar-code yang ada di tiket kemudian pintu akan terbuka. Tiket kereta jangan sampai hilang dan harus tetap ada sampai berhenti di stasiun tujuan karena untuk keluar juga harus pake scan bar-code.

Kita tidak mendapat nomor kursi, jadi boleh bebas duduk dimana saja. Ada tempat menaruh tas di atas tempat duduk, ada 2 colokan USB Charging di kursi dan tempat menaruh koper di dekat pintu. Kursi bisa diatur tegakannya dan jarak antar kursi di depan sangat luas jadi nyaman seperti kereta Executive. Penumpang saat itu masih sangat sedikit dan sepi karena mungkin masih awal-awal beroperasi.

Di dalam Kereta Railink

Colokan USB Charging

Jarak antar kursi

Pemandangan selama di perjalanan

Stasiun pemberhentian Batu Ceper

Ketika sampai di setiap stasiun pemberhentian akan ada pengumuman jadi tidak perlu kawatir akan kebablasan. Setelah sampai Stasiun Sudirman Baru maka kita dapat melanjutkan perjalanan ke rumah dengan KRL (melalui Stasiun Sudirman), Trans Jakarta, Taxi, dan Taxi/Ojek Online.


Stasiun Sudirman Baru


Stasiun Sudirman Baru

Stasiun Sudirman Baru


Sekian sharing pengalaman kali ini, semoga bermanfaat 💓
-Wulanhand 

Comments

  1. Thanks reviewnya membantu sekali 😊

    ReplyDelete
  2. Stasiun railink sudirman baru sama gak dengan stasiun krl? Atau beda? Kalau mau naik krl perlu keluar stasiun dulu atau gimana? Mohon informasinya, makasih😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda, kalau naik krl turun di stasiun sudirman terus jalan kaki ke stasiun sudirman baru, stasiunnya sebelahan kok. krl gak bisa berhenti di sudirman baru soalnya.

      Delete
  3. waah thanks mba..membantu banget..kebetulan beberapa hari lagi mau ke bandung lewat jakarta, mau nyobain naik kereta bandara..jadi kalo mau ke gambir aku mesti stop di mana ya mba? btw..aku dari banjarmasin juga lo mbaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo... Kalau kamu mau ke Gambir mending naik Damri turun di Stasiun Gambir aja. Kalo naik kereta bandara turun Sudirman/BNI City terus naik taxi/ojek lagi ke Gambir.. Tapi kalo mau wisata naik kereta sih gapapa hehehe turun di BNI City.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Patyka Skin Care

Vitalis Fragranced Deodorant

Cara Ngopi Irit di Starbucks